PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP[ HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui hasil belajar pengetahuan konseptual siswa menggunaklan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, 2) mengetahui hasil belajar pengetahuan konseptual siswa menggunakan pembelajaran konvensional, 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual siswa pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 14 Medan dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 20 item. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 34,00 dan kelas kontrol adalah 33,43 sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 78,86 termasuk kategori cukup atau lulus KKM dan kelas kontrol adalah 74,57 termasuk kategori cukup atau tidak lulus KKM. Peningkatan hasil belajar pengetahuan konseptual sebesar 5,75 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual siswa pada materi usaha dan energi.