ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SMA NEGERI HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI KECAMATAN BILAH HULU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Keadaan manajemen berbasis sekolah SMA Negeri di Kecamatan Bilah Hulu. (2) Keadaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di Kecamatan Bilah Hulu. (3) Hubungan antara penerapan manajemen berbasis sekolah SMA Negeri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di Kecamatan Bilah Hulu. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri di Kecamatan Bilah Hulu tahun 2017. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perangkat sekolah SMA Negeri Bilah Hulu yang terdiri 2 orang kepala sekolah, 9 orang tenaga administrasi, 73 orang guru dan 191 orang siswa kelas XI IPS yang berjumlah 275 orang. Sedangkan sampel ditentukan secara purposive sampling atau sampel secara sengaja yakni 2 orang kepala sekolah, 9 orang tenaga administrasi, 37 orang guru, dan 48 orang siswa yang berjumlah 96 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keadaan penerapan manajemen berbasis sekolah SMA Negeri di Kecamatan Bilah Hulu dari 7 indikator secara keseluruhan sudah tergolong cukup baik dengan rata-rata 2,93 (73,25%) yang terdiri dari manajemen kurikulum dan program pengajaran rata-rata 3,70 (92,42%), manajemen tenaga kependidikan dengan rata-rata 3,21 (80,13%), manajemen kesiswaan rata-rata 3,40 (84,77%), manajemen keuangan rata-rata 3,54 (88,45%), manajemen sarana dan prasarana pendidikan rata-rata 3,67 (91,67%), manajemen pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat dengan rata-rata 2,97 (74,13%) serta manajemen pelayanan khusus rata-rata 3,37 (84,27), (2) Keadaan hasil belajar mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri di Kecamatan Bilah Hulu yang memiliki nilai di bawah KKM 78 dengan persentase 45,83% sedangkan yang memiliki nilai di atas KKM dengan persentase 54,17%. (3) Ada hubungan signifikan antara penerapan manajemen berbasis sekolah SMA Negeri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di Kecamatan Bilah Hulu. Hal ini dibuktikan rhitung = 0,328 > rtabel = 0,291 maka selanjutnya diperoleh thitung= 2,336> ttabel=2,013 pada taraf signifikansi 95% atau alpha 5%.