MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAK DI KELAS III-B SD NEGERI NO.101765 BANDAR SETIA T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari rendahnya motivasi belajar siswa di kelas III SD Negeri 101765 Bandar Setia pada pembelajaran IPA. Proses pembelajaran IPA yang dilakukan guru cenderung masih bersifat teacher center dimana guru cenderung mendominasikan proses pembelajaran dan kurang melibatkan siswa aktif dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat Benda Dan Perubahannya dikelas III-B SDN 101765 Bandar setia. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) pada pelajaran IPA Materi Sifat Benda Dan Perubahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III-B SD Negeri 101765 Bandar Setia sebanyak 23 orang siswa yang terdiri 16 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, lembar observasi motivasi belajar siswa dan lembar observasi kemampuan guru. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti untuk hasil observasi motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasa sifat dan perubahan benda mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan I motivasi belajar siswa secara klasikal mencapai 26.08% dan meningkat pada siklus I pertemuan II yaitu 56.52%. Pada siklus II pertemuan I motivasi belejar siswa secara klasikal mencapai 73.91%, cukup meningkat pada siklus II pertemuan II motivasi belajar siswa secara klasikal mencapai 95.65%. untuk cara mengajar peneliti pada siklus I pertemuan I mendapat nilai 69.53% dengan kriteria cukup baik, dan meningkat dengan nilai 72.65% dengan kriteria baik, selanjutnya pada siklus II pertemuan I mendapat nilai 88.28% dengan kriteria baik dan meningkat dengan mendapat nilai 96.87% dengan kriteria sangat baik. Untuk hasil nilai rata-rata angket siswa pada siklus I pertemuan II yaitu 77.31% dan meningkat pada siklus II pertemuan II hasil nilai rata-rata angket siswa yaitu 86.19%. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya dengan menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok sifat dan perubahan benda di kelas III SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2016/2017.