PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING (SDL) TERHADAP HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR PADA SISWA KELAS X AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Elektronika Dasar yang diajar dengan menggunakan Strategi PembelajaranSelf Directed Learning di kelas X AV SMK Negeri 1 Stabat agar mampu mencapai nilai KKM. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X AVSMK Negeri 1Stabat dan siswa kelas X AV1 SMK Negeri 1 Stabat tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen kelas yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Self Directed Learning yang berjumlah 36 orang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen, yang mana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Data dijaring dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test, pengolahan data, dan teknik analisis data. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 79,15dengan nilai KKM 70. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 5%. Uji normalitas hasil belajar siswa Elektronika Dasar kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar -0,017 dan Ltabel sebesar 0,148 karena Lhitung (0,1229) < Ltabel (0,147) maka data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dihitung menggunakan uji-Z dengan taraf signifikan 5%, berdasarkan perhitungan didapat Zhitung (6,84) > ttabel (1,64) maka H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran self directed learning lebih tinggi dari KKM.