PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SMA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN SUNGGAL T. A 2016/ 2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (PKWK) dan 2) mengetahui kelayakan atau efektifitas desain media pembelajaran berbasis menggunakan Macromedia Flash pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Sultan Iskandar Muda Medan Sunggal. Serta media yang layak dan dapat digunakan sebagai pengembangan media pemnbelajaran yang baru yang membantu siswa dalam mempelajari mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan tahap atau prosedur yang sudah diadaptasi yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain media dan uji coba. Subjek uji coba penelitian ini adalah 25 siswa kelas X IIS SMA Sultan Iskandar Muda Medan Sunggal. Desain uji coba ada dua tahap yaitu (Tahap Validasi) dan uji coba produk. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, angket analisis kebutuhan, validator dan angket efektivitas meliputi skala penilaian dengan teknik analisis data menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggnakan macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu 1) hasil penilaian Ahli Materi dengan persentase hasil penilaian 97.47% dengan kriteria “Sangat Baik” dan hasil penilaian Ahli Media dengan persentase hasil penilaian 94.44% dengan kriteria “Sangat Baik”, 2) hasil penilaian uji coba Kelompok Kecil dengan persentase hasil penilaian 63.25% dengan kriteria “ Baik”, uji coba Kelompok Sedang dengan persentase hasil penilaian 81.0% dengan kriteria “Sangat Setuju”, dan uji coba Belompok Besar dengan persentase hasil penilaian 83.34% dengan kriteria “Sangat Setuju”, 3) uji coba efektivitas guru dengan persentase hasil penilaian 93.33% dengan kriteria “Sangat Setuju”, dan uji efektivitas siswa dengan persentase hasil penilaian 87.33% dengan kriteria “Sangat Setuju”. Dengan demikian, desain pengembanagan media berbasis macromedia flash pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas X IIS SMA Sultan Iskandar Muda Medan Sunggal dianggap layak untuk dijadikan desain media pembelajaran.