Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Menggunakan Hasil Pengukuran yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X TITL di SMK swasta Imelda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sissa kelas X TITL SMK Swasta Imelda, berjumlah 2 kelas, kelas TITL 1 Berjumlah 20 orang dan kelas TITL 2 berjumlah 20 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL )), dan kelas kontrolnya (menggunakan model pembelajaran ekspositori).Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar Menggunakan Hasil Pengukuran. Nilai rata-rata post test siswa pada Kelas eksperimen sebesar 27,45 dan kelas control sebesar 14,80. Untuk uji normalitas data pada taraf signifikan sebesar 0,05. Uji normalitas pada Kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0.1251 dan Ltabel sebesar 0,1730 karena Lhitung<Ltabel atau 0.1251 < 0,1730 maka uji inormalitas pada kelas eksperimen pada kategori normal, dan Uji normalitas pada Kelas kontrol diperoleh Lhitung sebesar 0,1596 dan Ltabel sebesar 0,1730 maka uji normalitas pada kelas control pada kategori normal. Dan Uji Homogenitas Fh (Varian Kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen) sebesar 1,76 dan Ftsebesar 4,10, karena Fhitung<Ftabel 1,76<4,10maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf signifikan menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran pada siswa yang diajar menggunakan (menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) dengan (menggunakan model pembelajaran ekspositori) dilihat dari thitung 2,20 yang lebih besar dari ttabel 2,08, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha di terima.