Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TAI dengan media Handout terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Swasta Santo Fransiskus yang berjumlah 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eskperimen menerapkan model pembelajaran kooperatif TAI dengan media handout sedangkan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya bedanya. Data dianalisis menggunakan uji-t setelah diuji normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata gain kelas eksperimen 0,749± 0,087 dan rata-rata gain kelas kontrol 0,605±0,074. Hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel (2,886 > 1,689), menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu Peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajaRkan menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI dengan media Handout lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Peningkatan hasil belajar pada kelas Team Assisted Individualization dengan media Handout sebesar 74,9% dan pada kelas Konvensional sebesar 60,5%.