Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan validitas; kepraktisan; keefektifan perangkat pembelajaran menggunakan model scientific inquiry berbasis budaya Jawa; mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan self-efficacy siswa dengan menerapkan perangkat pembelajaran menggunakan model scientific inquiry berbasis budaya Jawa. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan pengujian terbatas. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja SIswa (LKS), buku siswa, buku guru dan instrument keterampilan proses sains siswa pada materi suhu dan kalor. Konteks budaya Jawa dimasukkan dalam setiap fase model pembelajaran scientific inquiry dengan pola interaksi berembug dalam menyelesaikan masalah, permasalahan pada LKS dan instrument, serta ilustrasi pada buku guru dan buku siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA I SMA Negeri 1 Tanjung Pura terdiri atas 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model scientific inquiry berbasis budaya Jawa valid, praktis dan efektif. Keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan perangkat pembelajaran menggunakan model scientific inquiry berbasis budaya Jawa meningkat dengan perolehan rata-rata nilai N-Gain pada pertemuan I hingga ke pertemuan III dengan kategori sedang, dan terdapat peningkatan self-efficacy siswa dengan kategori tinggi setelah menerapkan perangkat pembelajaran menggunakan model scientific inquiry berbasis budaya Jawa.