Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi guru SD, khususnya guru Kelas V di Kecamatan Patumbak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 52 orang yang terdiri dari 36 guru SD Negeri dan 16 guru SD Swasta. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes pemahaman, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru memiliki kategori baik dengan nilai tertinggi untuk penilaian dan evaluasi yaitu dengan persentase 84,71% sedangkan yang terendah pada pengembangan kurikulum dengan persentase 73,56%; (2) Kompetensi profesional guru dalam kemampuan menyelesaikan soal persentase tertinggi pada indikator menampilkan penguasaan konsep berkaitan dengan bilangan,operasi algoritma sifat-sifat bilangan pada mata pelajaran matematika dengan persentase 83,08%, sedangkan yang terendah yaitu indikator Menguasai sejarah bangsa Indonesia pada pelajaran bahasa Indonesia dengan 60,57%; (3) Kompetensi kepribadian guru memiliki kategori baik dengan persentase rata-rata 75,68%. Nilai persentase tertinggi 78,08% untuk indikator bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia dan terendah 70,49% untuk indikator menjunjung etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan rasa percaya diri; dan (4) Kompetensi sosial guru memiliki kategori baik dengan presentase 76,43%, dengan nilai persentase tertinggi 77,58% untuk aspek berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain dan terendah 75,19% untuk bertindak objektif serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi.