IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) BERBASIS INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Berbasis Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamik. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMAN 10 Medan T.P. 2016/2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan PCK Berbasis Inquiry Training, dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Inquiry Training, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes objektif sebanyak 20 soal saat pretes dan 15 soal saat postest serta observasi aktivitas. Hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 50,71 dengan standar deviasi 11,32 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 49,57 dengan standar deviasi 10,02. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = 0,447 < 1,997 maka H0 diterima, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan menerapkan PCK Berbasis Inquiry Training sedangkan kelas kontrol hanya menerapkan model pembelajaran Inquiry Training, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,62 dengan standar deviasi 11,31 dan kelas kontrol 70,28 dengan standar deviasi 11,24. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel = 2,077 > 1,668 sehingga Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh dari penerapan PCK Berbasis Inquiry Training secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamik kelas XI SMAN 10 Medan.