PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PM PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN PEMASARAN DI SMK N 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat pemahaman dan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Instruction memiliki pengaruh yang posistif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X PM pada mata pelajaran perencanaan pemasaran di SMK N 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X PM di SMK N 1 Pematangsiantar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas X PM 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction dan kelas X PM 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang yang diajar model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 78,16 dengan standar deviasi 11,023. Untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata siswa adalah 58.33 dengan standar deviasi 11.768. un tuk harga ttabel dengan α= 5% dan dk = 58 diperoleh 1.671 dan thitung = 6.731. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,731> 1,671) dengan kata lain hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap tingkat pemahaman kemampuan berpikir kritis siswa kelas X PM pada mata pelajaran perencanaan pemasaran di SMK N 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2016/2017 dapat diterima.