PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DAN NHT DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Medan yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan NHT pada materi keliling dan luas bidang lingkaran di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIII-A sebanyak 30 orang yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan kelas VIII-B sebanyak 30 orang yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 4 soal yang telah divalidkan oleh validator dan uji validitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data post-test kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data post-test diperoleh thitung = 3,191 sedangkan ttabel = 1,671. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi keliling dan luas bidang lingkaran di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan.