PENGARUH KEGIATAN MENGGAMBAR TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ABA 05 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Maih rendahnya kreativitas anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggambar terhadap pengembangan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK ABA 05 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperiment pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak usia 4-5 tahun kelompok A di TK ABA 05 Medan yang berjumlah 45 anak. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara acak, sampel dalam penelitian ini adalah kelompok A2 yang berjumlah 15 anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kegiatan menggambar sedangkan variabel terikatnya adalah pengembangan kreativitas. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata sebelum dilakukan kegiatan menggambar ( pre-test ) 3,39 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 2, tergolong dalam kategori berkembang sesuai harapan. Sedangkan nilai rata-rata sesudah dilakukan kegiatan menggambar ( post-test ) 8,4 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 4, sehingga pengembangan kreativitas anak tergolong dalam kategori berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel = ( 3,386 > 1,761 ) pada taraf α = 0.005. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa kegiatan menggambar berpengaruh terhadap penggembangan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK ABA 05 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.