PENGARUH PERMAINAN MEMANCING ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERWANIS KECAMATAN MEDAN BARU T.A. 2016/2017

Main Author: Sari, Nurmala
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/25631/1/01.%20COVER%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/4/02.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/3/03.%20ABSTRAK%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/5/04.%20KATA%20PENGANTAR%20%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/6/05.%20DAFTAR%20ISI%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/9/06.%20DAFTAR%20TABEL%20%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/7/07.%20%20DAFTAR%20GAMBAR%20%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/8/08.%20%20DAFTAR%20LAMPIRAN%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/2/09.%20%20BAB%20I%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/1/13.%20%20BAB%20V%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/1/14.%20%20DAFTAR%20PUSTAKA%20%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/
ctrlnum 25631
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/25631/</relation><title>PENGARUH PERMAINAN MEMANCING ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERWANIS KECAMATAN MEDAN BARU T.A. 2016/2017</title><creator>Sari, Nurmala</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1141 Kindergarten</subject><description>Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan1-10. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan memancing angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di Tk Perwanis kec. Medan Baru Tahun Ajaran 2016/2017.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini Pre-Experimental Design, dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, yaitu dengan memilih sampel dengan cara acak, dengan jumlah kelas A1 sebagai kelas eksperiemen sebanyak 14 anak. Variabel bebas adalah permainan memancing angka, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalis dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji-t, dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf &#x3B1;=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 meningkat, setelah diberikan permainan memancing angka.Dari Hasil penelitian diketahui bahwa skor tertinggi pada data pretest yaitu 11, sedangkan post-test yaitu 16. Rata-rata pretest yaitu 7,357 untuk data post-test yaitu 12,714. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa permainan memancing angka memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan bahasa anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh Thitung = 17,85 &gt; Ttabel = 1,761. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Anak Usia 4-5 di TK PERWANIS Kec. Medan Baru Tahun Ajaran 2016/2017.</description><date>2017-06-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/25631/1/01.%20COVER%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/25631/4/02.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/25631/3/03.%20ABSTRAK%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/25631/5/04.%20KATA%20PENGANTAR%20%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/25631/6/05.%20DAFTAR%20ISI%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/25631/9/06.%20DAFTAR%20TABEL%20%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/25631/7/07.%20%20DAFTAR%20GAMBAR%20%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/25631/8/08.%20%20DAFTAR%20LAMPIRAN%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/25631/2/09.%20%20BAB%20I%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/25631/1/13.%20%20BAB%20V%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/25631/1/14.%20%20DAFTAR%20PUSTAKA%20%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf</identifier><identifier> Sari, Nurmala (2017) PENGARUH PERMAINAN MEMANCING ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERWANIS KECAMATAN MEDAN BARU T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>25631</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sari, Nurmala
title PENGARUH PERMAINAN MEMANCING ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERWANIS KECAMATAN MEDAN BARU T.A. 2016/2017
publishDate 2017
isbn 201133313017
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1141 Kindergarten
url http://digilib.unimed.ac.id/25631/1/01.%20COVER%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/4/02.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/3/03.%20ABSTRAK%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/5/04.%20KATA%20PENGANTAR%20%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/6/05.%20DAFTAR%20ISI%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/9/06.%20DAFTAR%20TABEL%20%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/7/07.%20%20DAFTAR%20GAMBAR%20%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/8/08.%20%20DAFTAR%20LAMPIRAN%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/2/09.%20%20BAB%20I%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/1/13.%20%20BAB%20V%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/1/14.%20%20DAFTAR%20PUSTAKA%20%20NURMALA%20SARI%20NIM%201133313017.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/25631/
contents Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan1-10. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan memancing angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di Tk Perwanis kec. Medan Baru Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini Pre-Experimental Design, dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, yaitu dengan memilih sampel dengan cara acak, dengan jumlah kelas A1 sebagai kelas eksperiemen sebanyak 14 anak. Variabel bebas adalah permainan memancing angka, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalis dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji-t, dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 meningkat, setelah diberikan permainan memancing angka.Dari Hasil penelitian diketahui bahwa skor tertinggi pada data pretest yaitu 11, sedangkan post-test yaitu 16. Rata-rata pretest yaitu 7,357 untuk data post-test yaitu 12,714. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa permainan memancing angka memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan bahasa anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh Thitung = 17,85 > Ttabel = 1,761. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Anak Usia 4-5 di TK PERWANIS Kec. Medan Baru Tahun Ajaran 2016/2017.
id IOS3150.25631
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-08-20T00:17:17Z
last_indexed 2017-08-20T00:17:24Z
recordtype dc
_version_ 1766033442353446912
score 17.538404