PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah tidak aktifnya siswa dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Numbered Head Together terhadap aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan yang beralamat di Jalan Gelas No. 12 Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X IPS yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 86 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling total yaitu seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017, yang terdiri dari kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi sisw dan hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes soal pilihan ganda setelah diberikan perlakuan kolaborasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Numbered Head Together pada kelas Eksperimen dan model pembelajaran Artikulasi pada kelas kontrol. Uji instrumen dilakukan melalu uji Validitas untuk analisis butir soal menggunakan rumus Pearson Product Moment, uji Reliabilitas diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha, tingkat kesukaran tes dan daya pembeda tes. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan uji t pada taraf kepercayaan signifikan 95% atau alpha 5%. Teknik analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, varians, dan standar deviasi. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar pada kelas eksperimen adalah 80,53 dengan standar deviasi 9,17. Nilai rata-rata aktivitas belajar pada kelas kontrol 74,20 dengan standar deviasi 7,31. Nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas eksperimen 41,16 dan 82,21 dengan standar deviasi 11,487 dan 7,096. Nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas kontrol 41,98 dan 75,12 dengan standar deviasi 14,274 dan 7,519. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung > t_(tabel )yakni pada aktivitas belajar 3,705 > 1,6658, dan pada hasil belajar 4,4966 > 1,6658. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kolaborasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Numbered Head Together terhadap aktivitas dan hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan T.A 2016/2017 dapat diterima.