PENERAPAN PRINSIP PEMBELAJARAN ANDRAGOGI OLEH TUTOR DALAM PROGRAM BIMBINGAN SOSIAL DI UPT PELAYANAN SOSIAL TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah : Penerapan prinsip pembelajaran andragogi oleh tutor dalam program bimbingan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan prinsip pembelajaran andragogi oleh tutor di UPT. Pelayanan sosial tanjung morawa kabupaten deli serdang sumatera utara. Adapun teori yang mendukung dalam penelitian ini ialah menurut Knowles 1970 dalam Yusnadi (2015:2) “Andragogi berasal dari bahasa Yunani yaitu andr yang berarti orang dewasa dan agogos yang berarti memimpin atau membimbing. Maka dengan demikian, andragogi dirumuskan sebagai suatu ilmu dan seni dalam membantu orang dewasa belajar”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah 20% dari populasi yaitu sebanyak 26 orang warga binaan. Untuk memperoleh data yang diperlukan maka penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus P = . Hasil penelitian menunjukkan adanya penerapan prinsip pembelajaran andragogy yang dilakukan tutor untuk menyatakan bahwa sebanyak 55,9% penerapan prinsip pembelajaran berdasarkan prinsip latihan, sebanyak 33,5% penerapan pembelajaran berdasarkan prinsip pengalaman, sebanyak 41,4% penerapan prinsip pembelajaran berdasarkan prinsip akibat atau dampak, sebanyak 40,3% penerapan pembelajaran berdasarkan prinsip kesiapan.