Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lay-up shoot dalam permainan bola basket melalui gaya mengajar pada siswa kelas X SMK INDONESIA MEMBANGUN 1 MEDAN Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 28 siswa, objek dalam penelitian ini adalah menggunakan gaya mengajar inklusi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses Lay-up Shoot bola basket. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik lay-up shoot bola basket. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 28 orang siswa terdapat 18 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 64,28% dengan nilai rata-rata 7,42, dan terdapat 10 orang belum tuntas yaitu sebesar 35,72% . Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 28 orang siswa terdapat 24 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 85,71% dengan nilai rata-rata 8,95, dan terdapat 4 orang siswa belum tuntas yaitu sebesar 14,29%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar lay-up shoot dalam permainan bola basket pada siswa kelas X SMK Indonesia Membangun 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.