Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kesiapan Berbisnis Mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Mata Kuliah Komunikasi Bisnis dan Keaktifan Berorganisasi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kesiapan Berbisnis Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Niaga Stambuk 2013 T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian adalah seluruh Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Stambuk 2013 T.A 2016/2017 yang berjumlah 111 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling dengan jumlah seluruh populasi 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus croanbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan determinasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 21.0, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = -0,038+ 0.339 X1 + 0.378 X2 + e. Variabel mata kuliah komunikasi bisnis (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap kesiapan berbisnis mahasiswa dengan nilai sig < 0.05 atau 0.041 < 0.05 dan thitung > ttabel dimana 2,118 > 1.687, dan variabel keaktifan berorganisasi (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap peningkatan kesiapan berbisnis mahasiswa dengan nilai sig < 0.05 atau 0.003 < 0.05 dan thitung > ttabel dimana 3,188 > 1.687. Secara bersama-sama mata kuliah komunikasi bisnis dan keaktifan berorganisasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhafdap kesiapan berbisnis mahasiswa dengan nilai sig < 0.05 dimana 0.002 < 0.05. Persentase sumbangan mata kuliah komunikasi bisnis dan keaktifan berorganisasi terhadap kesiapan berbisnis sebesar 28%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t mata kuliah komunikasi bisnis dan keaktifan berorganisasi masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesiapan berbisnis mahasiswa. Secara uji simultan mata kuliah komunikasi bisnis dan keaktifan berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berbisnis mahasiswa.