Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya mahasiswa yang tidak memiliki karakter yang baik dan rendahnya efikasi diri mahasiswa untuk mencapai prestasi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter dan efikasi diri terhadap prestasi mahasiswa angkatan 2014 Pendidikan Tata Niaga di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan sampel sebanyak 79 orang mahasiswa. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan uji realibilitas yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 20.0. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji lineritas, regresi linear berganda, dan uji hipotesis, yaitu uji t, uji F, uji determinasi yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 20.0. Hasil uji t menunjukkan secara parsial pendidikan karakter memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel sebesar 5,651 > 1,665 pada taraf signifikansi 95% (α=0,05), efikasi diri memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap prestasi mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel sebesar 4,747 > 1,665 pada taraf signifikansi 95% (α=0,05). Dan antara pendidikan karakter dan efikasi diri secara bersama – sama berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa didapat dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 31,707 > 3,12. Hasil perhitungan persamaan regresi linier berganda Y= 27,318+ 0,516X1 + 0,413X2 dengan koefisien determinasi sebesar 0,455.