PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMA NEGERI 20 MEDAN T.P/2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Dinamis di Kelas XI Semester II SMA Negeri 20 Medan T.P. 2016/2017” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan pembelajaran konvensional, serta mengetahui aktivitas belajar siswa dan pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen XI MS1 dan kelas kontrol XI MS2 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Hasil pretest kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan sebesar 25,33 dan kelas kontrol 24,00, kemudian dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data diperoleh Lhitung < Ltabel (0,1523 < 0,1610) sehingga disimpulkan data pretest dari kedua kelas berdistribusi normal dan Fhitung < F ( 1,02 < 1,86) maka sampel yang digunakan dalam penelitian dinyatakan homogen. Kedua kelas yang diberi perlakuan berbeda, hasil postest kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 72,50 dan kelas kontrol sebesar 64,00. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh Ha diterima, Ho ditolak sehingga disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 20 Medan T.P. 2016/2017.