PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar membuat hiasan dengan teknik menghias corak pada loper dengan menggunakan media pembelajaran konvensional pada siswa di SMP Negeri 5 Pematangsiantar, (2) hasil belajar membuat hiasan dengan teknik menghias corak pada loper menggunakan media pembelajaran jobsheet pada siswa di SMP Negeri 5 Pematangsiantar dan (3) pengaruh penggunaan jobsheet terhadap hasil belajar membuat hiasan dengan teknik menghias corak pada loper pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 150 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 60 orang yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas VIII-5 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan hasil belajar membuat hiasan dengan teknik merubah corak pada loper. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, menunjukkan skor rata-rata 45. Sedangkan pada kelas eksperimen, terjadi peningkatan hasil belajar siswa membuat hiasan dengan teknik menghias corak pada loper menggunakan media pembelajaran jobsheet menunjukan skor rata-rata 60. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa hasil belajar membuat hiasan dengan teknik menghias corak pada loper menggunakan media pembelajaran konvensional berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel == 0,1681 < 0,8817 dan hasil belajar membuat hiasan dengan teknik menghias corak pada loper menggunakan jobsheet berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel = 0,0671 < 0,8817 dan kedua data dinyatakan homogen dimana Fhitung < Ftabel = 1,43 < 2,04. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar membuat hiasan dengan teknik menghias corak pada loper dengan menggunakan media jobsheet dimana hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 3,8 > 1,671. Dilihat dari penelitian ini, hasil belajar membuat hiasan dengan teknik menghias corak pada loper lebih tinggi jika diajarkan dengan menggunakan jobsheet. Jadi terbukti ada pengaruh hasil belajar meembuat hiasan dengan teknik menghias corak pada loper menggunakan jobsheet. Hal ini berarti bahwa penggunaan jobsheet dapat dijadikan sebagai pendamping atau alternatif pembelajaran.