Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan utama yaitu apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar komunikasi bisnis dan pemahaman etika bisnis dengan kesiapan berwirausaha mahasiswa. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar komunikasi bisnis dan pemahaman etika bisnis terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga 2014. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 79 orang mahasiswa. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dengan masing-masing menggunakan skala Likert dan Ordinal. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji F. Dari hasil analisis data yang dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji parsial diperoleh thitung = 2,560 dan 8,495 sedangkan ttabel sebesar 1.991 sehingga thitung > ttabel. Untuk menguji hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 65,865 sedangkan Ftabel sebesar 3,12 taraf signifikan 95%. Ternyata Fhitung > Ftabel yaitu 65,865 > 3,24. Hal ini diketahui bahwa, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar komunikasi bisnis dan pemahaman etika bisnis terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga 2014. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar komunikasi bisnis dan pemahaman etika bisnis memiliki pengaruh dengan kesiapan berwirausaha mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa disarankan lebih meningkatkan hasil belajarnya dan mengembangkan pemahaman etika bisnis untuk mencapai kesiapan berwirausaha pada mahasiswa.