PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED DALAM MENGURANGI EMOSI NEGATIF SISWA DI KELAS VIII BENJAMIN SMP NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered dalam mengurangi emosi negatif siswa di kelas VIII- Benjamin SMP Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered dalam mengurangi emosi negatif siswa di kelas VIII-Benjamin SMP Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2016/ 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan one group pre-test dan post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang siswa kelas VIII- Benjamin yang memiliki emosi negatif yang tidak dapat dikendalikan, yang akan diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered. Hasil analisis diperoleh data pre-test siswa rata-rata = 70,42 termasuk kategori tinggi dan standart deviasi (SDx) = 11,47 , sedangkan hasil data post-test rata-rata = 111 termasuk kategori rendah dan Standart Deviasi (SDy) = 4,39 Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji wilcoxon (J) yang memperoleh hasil Jhitung = 13 sedangkan harga Jtabel = 2. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 7, α = 0,05 pengujian dua arah J0,05 = 2. Oleh karena J (13 > 2). Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel. Oleh karena itu, dinyatakan ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered dalam mengurangi emosi negatif siswa di kelas VIII- Benjamin SMP Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Kata lain hipotesis diterima.