PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi disbanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 223 siswa. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan Random yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 25 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 55,33dan 85,73 dengan standar deviasi yaitu 8,98 dan 8,38. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 53,87 dan 75,60 dengan stadar deviasi yaitu 9,44 dan 8,43. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh =4,632 dan =1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan > yaitu4,632 > 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika > maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2016/2017.