Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari Sprint melalui media audio visual pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sidikalang Kabupaten Dairi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran melalui media audio visual yang dilakukan. Tes Hasil Belajar yang berbentuk lari sprint. Adapun masalah yang berkaitan dengan kemampuan siswa yaitu : ketidak pahaman dalam melakukan teknik awalan start dan tehnik memasuki garis finish. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis :(1) tes hasil belajar siklus I, setelah dilakukan pembelajaran lari sprint melalui audio visual dalam kategori cukup pembelajaran lari sprint diperoleh dari 32 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, terdapat 20 orang (62,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (37,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 75,70. (2) berdasarkan haslil refleksi pada siklus I maka peneliti merencanakan tindakan ke siklus II, (2) tes hasil belajar siklus II, pelaksanaan pembelajaran lari sprint melalui media audio visual dalam kategori baik atau lulus. Dari 32 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini terdapat 28 orang (87,5%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang siswa (12,5%) yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 81,25 secara klasikal telah mencapai nilai ketuntasan belajar yakni 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui media audio visual dapat mempengaruhi upaya peningkatan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sidikalang.