PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DISERTAI MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media handout pada model pembelajaran PBL dikombinasikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar kimia pada pokok bahasan hidrolisis garam. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Tebing Tinggi dengan populasi sebanyak 6 kelas paralel. Sampel kelas ditentukan dengan tehnik purposive sampling dan diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dikombinasikan dengan kooperatif tipe NHT disertasi media handout, dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dikombinasikan dengan kooperatif tipe NHT. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang diuji validitasnya, realiabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda dan pengecohnya. Hasil uji t-tes pihak kanan untuk hipotesis hasil belajar diperoleh thitung>ttabel (3.274 ˃ 1,6723). Hal ini menunujukkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media handout pada model pembelajaran model pembelajaran PBL dikombinasikan dengan kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar kimia pada pokok bahasan hidrolisis garam. Sementara itu, hasil uji gain diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 66 % dan rata-rata gain kelas kontrol sebesar 52 %. Dengan demikian penggunaan media handout pada pembelajaran PBL dikombinasikan dengan kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan pembelajaran hanya dengan model PBL dikombinasikan dengan kooperatif tipe NHT. Aktivitas belajar siswa lebih tinggi pada kelas ekperimen daripada kontrol