EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI MEDIA MOLYMOD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI HIDROKARBON
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persen (%) peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dilengkapi media molymod pada materi hidrokarbon dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa SMA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dilengkapi dengan media molymod lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengam model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada materi hidrokarbon. Penelitian dilakukan di SMA PAB 4 Sampali pada kelas X dengan populasi sebanyak 3 kelas paralel. Sampel kelas ditentukan dengan tehnik purposif sampling dan diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TGT media molymod, dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran TGT. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 18 soal yang diuji validitasnya, realiabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil uji t-tes pihak kanan untuk hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung>ttabel (2,9769> 1,6756). Dan untuk hipotesis aktivitas belajar diperoleh thitung>ttabel (3,8208 > 1,6756). Hal ini menunujukkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media molymod pada model pembelajaran Kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Hidrokarbon. Sementara itu, hasil uji gain diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 76,72% dan rata-rata gain kelas kontrol sebesar 41,12%. Dengan demikian penggunaan media molymod pada pembelajaran model TGT lebih baik dibandingkan pembelajaran hanya dengan model TGT.