Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar pada mata pelajaran IPA. Guru hanya menggunakan model ceramah dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga siswa menemukan kesulitan untuk memahami pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran Syndicate Group pokok bahasan gaya pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 106150 Tandam Hulu I T.A 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106150 Tandam Hulu I, yang berjumlah 27 orang, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi.Penelitian ini dilakukan sesuai dengan jadwal pelajaran IPA di kelas tersebut. Hasil penelitian dengan menggunakan angket yang dilakukan di kondisi awal, siklus I dan siklus II diperoleh data. Pada kondisi awal dari lembar angket motivasi belajar IPA secara nilai klasikal 11,11% motivasi belajar siswa dikatgorikan masih kurang. Pada siklus I secara nilai klasikal 62,90% motivasi belajar siswa dikatagorikan sedang, namun belum dikatakan berhasil karena masih banyak siswa yang belum termotivasi. Pada siklus II secara nilai klasikal 92,59% motivasi belajar siswa dikatagorikan tinggi, dan sudah bisa dikatakan berhasil. Hasil penelitian dengan menggunakan lembar observasi yang diamati oleh observer diperoleh data pada siklus I pertemuan I lembar observasi motivasi belajar siswa secara nilai klasikal 33,33%, pada pertemuan II observasi motivasi belajar siswa secara nilai klasikal 37,07%, maka observasi siklus I motivasi belajar siswa dikatagorikan masih rendah, dan belum dikatakan berhasil karena masih banyak siswa yang belum termotivasi. Pada siklus II secara nilai klasikal pada pertemuan I sebesar 92,59%, pada pertemuan II nilai klasikal 96,29%, motivasi belajar siswa pada siklus II dikatagorikan tinggi ,dan sudah dikatakan berhasil. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembeljaran Syndicate Group dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya di kelas V SD Negeri 106150 Tandam Hulu I.