Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat pada siswa kelas V SD Negeri 056002 Lr. Ibadah T.A. 2016/2017. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga siswa menemukan kesulitan dalam memahami pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 056002 Lr. Ibadah T.A. 2016/2017 sebanyak 1 kelas yaitu 21 orang siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar format observasi kegiatan siswa dan kegiatan peneliti selama proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama siklus I di kelas V SD Negeri 056002 Lorong Ibadah yang dilakukan terhadap 21 orang siswa terdapat 19 orang siswa kurang mampu dalam kemampuan membaca cepat dengan persentase 90,48% dan 2 orang siswa yang mampu dalam kemampuan membaca cepat dengan persentase 9,52% dengan nilai rata-rata 46,73. Selanjutnya siklus I pertemuan 2 terdapat 7 orang siswa mampu dalam kemampuan membaca cepat dengan persentase 33,33%, dan 14 orang siswa kurang terampil dalam kemampuan membaca cepat dengan persentase 66,67% dengan nilai rata-rata 56,17. Kemudian pada siklus II pertemuan I, terdapat 16 orang siswa yang mampu dengan persentase 76,19%, dan 5 orang siswa yang kurang terampil dengan persentase 23,81% dengan nilai rata-rata 61,46. Selanjutnya pada siklus II pertemuan 2 terdapat 19 orang siswa yang mampu dengan persentase 90,48%, dan 2 orang siswa yang kurang mampu dengan persentase 9,52% dengan nilai rata-rata 80,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik membaca skimming dan scanning dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa pada kelas V SD Negeri 056002 Lorong Ibadah T.A 2016/2017.