Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas bahan ajar melalui model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 2 Padangsidimpuan serta peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi antara Model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Uji coba dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Validitas bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan adalah sangat valid; 2) Kepraktisan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan adalah praktis digunakan. Hal ini diperoleh dari hasil analisis data respons siswa terhadap bahan ajar yakni siswa memberikan respons yang positif; 3) Bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan efektif digunakan. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar ini tuntas karena ≥ 80% dari subjek uji coba memenuhi ketuntasan belajar dan adanya aktivitas yang positif dari siswa dan 4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Padangsidimpuan dengan menggunakan bahan ajar berada pada kriteria sedang.