HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 101797 DELITUA T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan efektivitas komunikasi guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101797 Delitua T.A 2016/2017. Dari tujuan tersebut dapat diketahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara efektivitas komunikasi guru dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Alat pengumpulan data penelitian angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian sebanyak 58 orang siswa SD Negeri 101797 Delitua. Efektivitas komunikasi guru SD Negeri 101797 Delitua, dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 80,97, sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101797 Delitua dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 78,457. Korelasi antara efektivitas komunikasi guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 101797 Delitua T.A 2016/2017 diperoleh rhitung= 0,331 (nilai interpretasi korelasi rendah) dengan rtabel= 0,2586 pada taraf signifikansi 0,05, disimpulkan rhitung>rtabel atau nilai rhitung lebih besar daripada rtabel, maka efektivitas komunikasi guru memiliki hubungan yang positif dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101797 Delitua T.A 2016/2017. Hasil uji-t diperoleh thitung= 2,629 dengan ttabel= 2,0017 pada taraf signifikansi 0,05, disimpulkan thitung>ttabel, atau thitung lebih besar dari pada ttabel sehingga dapat dikatakan signifikansi efektivitas komunikasi guru mempunyai kontribusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101797 Delitua, besar kontribusi Efektivitas komunikasi guru sebesar 10,9%. Maka disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “ada hubungan yang positif dan signifikan antara efektivitas komunikasi guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 101797 Delitua T.A 2016/2017” diterima. Sesuai dengan simpulan di atas maka disarankan guru dalam mengajar lebih memperhatikan caranya dalam berkomunikasi dengan siswanya dalam mengajar.