Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis metode Kumon; 2) peningkatan kemampuan penalaran logis dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 17 Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, baik dari segi isi maupun konstruk; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas guru dan siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; (4) peningkatan kemampuan penalaran logis siswa dari uji coba I 79,22 meningkat menjadi 87,71 pada uji coba II; dan (5) peningkatan kemandirian belajar siswa dari uji coba I sebesar 71,43 menjadi 74,12 pada uji coba II.