PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran langsung. (2) untuk mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen 1 diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan terdiri dari : tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan tes kemampuan komunikasi matematik. Analisis data dilakukan dengan Uji analisis varian dua jalur (ANAVA). Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran langsung. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran langsung.