PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-WASHLIYAH 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing Permainan Sepak Bola Menggunakan Media Audiovisual dan Modifikasi Alat Pembelajaran Pada Siswa KelasVIII SMP Al-Washliyah 8 Medan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 36 siswa, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar ( pre-test ) sebelum melakukan passing sepak bola menggunakan kaki bagian dalam, lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dan modifikasi alat pembelajaran dan kemudian dilakukan tes hasil belajar siklus I dan tes hasil belajar siklus II. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data: (1) dari hasil pre-test di peroleh 5 orang siswa(13,89%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 31 orang siswa (86,11%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 59,71. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media audiovisual dan modifikasi alat pembelajaran. (2) dari hasil belajar pada siklus I diperoleh 20 orang siswa (55,56%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang siswa (44,44%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 71,52. Kemudian dilakukan evaluasi dan pembelajaran dilanjutkan pada siklus II, (3) dari hasil pembelajaran pada siklus II diperoleh 31 orang siswa ( 86,11% ) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang siswa ( 13,89% ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata 82,17 (4) pada hasil pre-test terdapat 13,88% (5 siswa) yang tuntas dalam belajar, pada hasil pembelajaran siklus I terdapat 55,56% (26 siswa ) yang tuntas dalam pembelajaran,dan pada tes hasil belajar pada siklus II terdapat 86,11% (31 siswa) yang mencapai ketuntasan dalam belajar. Dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pre-test terhadap hasil belajar siklus I sebanyak 41,68%, dan pada pembelajaran siklus II meningkat menjadi 30,55%. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat dikatakan bahwa penggunaan media audiovisual dan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing sepak bola kaki bagian dalam pada siswa kelasVIII SMP Al-Washliyah 8 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.