PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran IT menggunakan mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dan keterampilan proses sains pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis diatas rata-rata akan lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis siswa di bawah rata-rata, kemudian ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran IT menggunakan mind mapping dan model pembelajaran konvensional dengan kemampuan berpikir logis siswa terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Teladan Medan dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dan pengambilan sampel dengan cluster random sampling yaitu kelas IX-B sebagai kelas kontrol dan kelas IX-C sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen keterampilan untuk keterampilan proses sains dan pilihan berganda untuk mengukur kemampuan berpikir logis siswa. Dari penelitian yang dilakukan didapatlah hasil penelitian yang dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA 2 jalur yaitu keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran IT menggunakan mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dan keterampilan proses sains pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis diatas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir logis siswa di bawah rata-rata, kemudian ada interaksi antara model pembelajaran IT menggunakan mind mapping dan model pembelajaran konvensional dengan kemampuan berpikir logis siswa terhadap keterampilan proses sains siswa