Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan penggunaan huruf kapital oleh siswa kelas VII SMPN 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian kemampuan penggunaan tanda baca oleh siswa kelas VII SMPN 2 Percut Sei Tuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Dalam penelitian ini berjumlah 36 lembar jawaban siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik membaca dan mencatat, sedang instrumen yang digunakan dalam penelitian ini (human instrument), yaitu peneliti itu sendiri. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitin ini menunjukkan kemampuan penggunaan ejaan oleh siswa kelas VII SMPN 2 Percut Sei Tuan di temukan sebanyak 2626 yang terdiri atas (1) Kemampuan penggunaan huruf kapital terdapat 227 kemampuan Kemampuan penggunaan ejaan berupa huruf kapital tersebut meliputi penggunaan huruf kapital pada setiap huruf pertama awal kalimat yang tepat berjumlah (19), penggunaan huruf kapital pada nama Tuhan dan kitab suci yang tepat berjumlah (34) , penggunaan huruf kapital huruf pertama nama geografi yang tepat berjumlah (34), penggunaan huruf kapital kata petunjuk hubungan kekerabatan yang tepat berjumlah (33), Penggunaan huruf kapital pada nama tahun, bulan, hari yang tepat berjumlah (63), penggunaan huruf kapital pada huruf pertama nama jabatan yang tepat berjumlah (13), dan penggunaan huruf kapital pada petikan langsung yang tepat berjumlah (31). (2) Kesalahan Pemakain Tanda Baca berjumlah 2399 kemampuan penggunaan tanda baca. Kemampuan penggunaan ejaan berupa tanda baca tersebut meliputi penggunaan tanda titik yang tepat berjumlah (279), penggunaan tanda koma yang tepat berjumlah (259), penggunaan tanda titik koma yang tepat berjumlah (232), penggunaan tanda hubung yang tepat berjumlah (220), penggunaan tanda tanya yang tepat berjumlah (342), penggunaan tanda seru yang tepat berjumlah (360), penggunaan tanda kurung yang tepat berjumlah (244), penggunaan garis miring berjumlah (262) dan penggunaan tanda petik dua yang tepat (244).