Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan kalimat pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument). Untuk menemukan dan mengklasifikasikan kalimat yang mengandung kesalahan kalimat digunakan teknik membaca dan mencatat. Hasil penelitian menunjukkan ditemukan kesalahan kalimat dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Medan. Jumlah keseluruhan kesalahan kalimat yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi siswa sebanyak 130 kalimat. Terdapat 8 kesalahan yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi siswa, yaitu kalimat tidak bersubjek sebanyak 37 kalimat, kalimat tidak berpredikat sebanyak 8 kalimat, kalimat buntung sebanyak 25 kalimat, penggandaan subjek sebanyak 19 kalimat, penggunaan kata yang tidak hemat sebanyak 14 kalimat, kalimat tidak logis sebanyak 4 kalimat, penghilangan konjungsi sebanyak 10 kalimat, dan penggunaan konjungsi yang berlebihan sebanyak 13 kalimat.