PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X SEMESTER II SMK N I LUBUK PAKAM
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X semester II SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TIPTL A dengan jumlah 35 orang, dan kelas X TIPTL B yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa pada Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Tes ini berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal yang terdiri dari 4 jawaban. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel 2,630 > 1,668 bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X semester II di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam lebih tinggi dibandingkan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional.