Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Dasar-Dasar Gambar Teknik yang diajarkan dengan Media LCD Proyektor lebih tinggi dari pada hasil belajar dasar-dasar gambar teknik yang diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas TKBB 1 berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas TKBB 2 berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment yang menggunakan desain pre-test dan post-test, kelas esksperimen diberi perlakuan berupa penggunaan Media LCD Proyektor dan kelas kontrol diberi perlakuan berupa penggunaan media Gambar. Instumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar Dasar-Dasar Gambar Teknik dari 30 butir soal tes yang diuji cobakan diperoleh 25 butir soal valid dengan koefisien reliabilitas 0,852 termasuk sangat tinggi. Untuk indeks kesukaran soal terdapat 24 soal yang sedang dan 1 soal yang sukar dan daya pembeda soal terdapat 1 soal sangat baik,13 soal baik, 11 soal cukup. Hasil uji-t sampel independen rata-rata post-test pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (3,411 > 1,680). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dasar-dasar gambar teknik yang diajarkan dengan menggunakan media LCD Proyektor lebih tinggi dari pada hasil belajar dasar-dasar gambar teknik yang diajarkan dengan pembelajaran demonstrasi siswa kelas X TKBB di SMK Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2016/2017.