UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar chest pass dalam permainan Bola Basket melalui variasi pembelajaran.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-9 SMP Negeri 11 Medan yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar chest pass bola basket sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukanan alisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) Pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa dari 35 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 23 orang siswa (65,72%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 12 orang siswa (34,28%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 72,14. (2) Pada siklus II dapat dilihat bahwa ternyata dari 35 orang siswa, terdapat 29 orang siswa yang tuntas (82,85%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 6 orang siswa (17,15%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata–rata yang diperoleh mencapai 81,68. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar chest pass dalam permainan Bola Basket siswa kelas VII-9 SMP 11 MedanTahun Ajaran 2016/2017.