PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK QURRATU A'YUN DI JALAN. DELITUA NO 74 DESA MEKAR SARI T.A 2016-2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun menggunakan metode bercakap-cakap di TK Qurratu A’Yun di Jalan. Delitua No. 74 Desa Mekar Sari T.A. 2016/2017. (2) Untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun menggunakan metode konvensional di TK Qurratu A’Yun di Jalan. Delitua No. 74 Desa Mekar Sari T.A.2016/2017. dan (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode bercakap-cakap di TK Qurratu A’Yun di Jalan. Delitua No. 74 Desa Mekar Sari T.A. 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Jenis penelitian ini adalah True eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas B TK Qurratu A’Yun yang terdiri dari 2 kelas setiap kelas terdiri atas 15 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak adalah lembar observasi kemampuan berbahasa anak. dengan teknik analisis data Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 6,06 dan nilai rata-rata pretes 6,2. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas thitung = 0,1942 dan ttabel = 0,220, karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan metode bercakap-cakap kelas kontrol dengan model konvensional. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 10,9 dan kelas kontrol 6,6. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Jika harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel diperoleh thitung > ttabel yakni 11,37 > 1,70 maka Ha diterima, yang artinya ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan metode bercakap- cakap terhadap kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercakap-cakap memberi pengaruh yang positif terhadap kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun di TK Qurratu A’Yun