HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 115479 AEK TAPA KECAMATAN MARBAU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Main Author: Wanti, Dwi Putri Mardina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/24923/4/01.%20COVER%20DWI%20PUTRI%20MARDINA%20WANTI%20%28NIM.1131111009%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24923/3/02.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20DWI%20PUTRI%20MARDINA%20WANTI%20%28NIM.1131111009%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24923/5/03.%20ABSTRAK%20DWI%20PUTRI%20MARDINA%20WANTI%20%28NIM.1131111009%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24923/7/04.%20KATA%20PENGANTAR%20DWI%20PUTRI%20MARDINA%20WANTI%20%28NIM.1131111009%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24923/6/05%20DAFTAR%20ISI%20DWI%20PUTRI%20MARDINA%20WANTI%20%28NIM.1131111009%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24923/8/06.%20DAFTAR%20TABEL%20DWI%20PUTRI%20MARDINA%20WANTI%20%28NIM.1131111009%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24923/9/07.%20DAFTAR%20GAMBAR%20DWI%20PUTRI%20MARDINA%20WANTI%20%28NIM.1131111009%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24923/3/08.%20DAFTAR%20LAMPIRAN%20DWI%20PUTRI%20MARDINA%20WANTI%20%28NIM.1131111009%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24923/1/09.%20BAB%20I%20DWI%20PUTRI%20MARDINA%20WANTI%20%28NIM.1131111009%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24923/2/13.%20BAB%20V%20DWI%20PUTRI%20MARDINA%20WANTI%20%28NIM.1131111009%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24923/3/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20DWI%20PUTRI%20MARDINA%20WANTI%20%28NIM.1131111009%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24923/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin diri secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 115479 Aek Tapa pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan sampel atau responden sebanyak 30 orang siswa dimana mereka berasal dari satu kelas yang sama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua instrumen yakni, instrumen motivasi belajar yang terdiri dari 4 (empat) aspek (ulet, tekun, mandiri dan pencari informasi) dan instrumen disiplin diri yang terdiri dari 2 (dua) aspek (disiplin diri di sekolah dan disiplin diri di rumah). Setelah melakukan pengujian instrumen dan hasilnya dinyatakan layak untuk digunakan, langkah selanjutnya adalah mengambil data motivasi belajar dan disiplin diri berdasarkan hasil angket, dan hasil belajar diperoleh dari rata-rata hasil belajar siswa pada semester sebelumnya yang terdiri dari 5 mata pelajaran (Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Matematika, dan Bahasa Indonesia). Dari hasil penelitian yang diperoleh dilakukan uji prasyarat, yakni uji normalitas, uji homogenitas pada setiap variabel X1 (motivasi belajar), X2 (disiplin diri) dan Y (hasil belajar). Hasil anĂ¡lisis disimpulkan bawah ketiga variabel berasal dari data yang berdistribusi normal, dan uji homogenitas menyatakan bahwa ketiga variabel berasal dari data yang homogen.Berdasarkan hasil analisis regresi tunggal dan analisis korelasi diperoleh hasil belajar dipengaruhi oleh faktor motivasi sebesar 59,96% lebih kuat daripada faktor disiplin diri yang hanya 59,22%. Analisis tersebut dilakukan untuk mendukung hasil analisis regresi ganda dengan persamaan regresi = 20,403 + 0,367X1 + 0,389X2. Persamaan regresi tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar dan disiplin diri mempengaruhi secara positif terhadap hasil belajar. Walaupun demikian untuk mendukung hasil tersebut perlu dilakukan uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji F, dan uji-t. Bedasarkan hasil uji yang diperoleh dapat disimpulkan bawah motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama dapat mempengaruhi hasil belajar sebesar 70,3%.