Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap kreativitas afektif belajar mahasiswa BK reguler B 2015 FIP Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s/d bulan Mei 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan pre-test post-test one group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Bimbingan Konseling stambuk 2015. Penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 10 orang mahasiswa BK dari kelas reguler B 2015 secara heterogen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket kreativitas afektif belajar yang berjumlah 40 item pernyataan yang sudah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis uji Wilcoxon menunjukkan bahwa J hitung = 26 dengan a = 0,05, adapun J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 26>8. Artinya hipotesis diterima. Data pre-testkreativitas afektif belajar diperoleh skor rata-rata 94,6 sedangkan data post-testkreativitas afektif belajar diperoleh skor rata-rata sebesar 128. Artinya skor rata-rata mahasiswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok teknik role playinglebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok teknik role playing.Layanan bimbingan kelompok teknik role playing memberikan kontribusi sebesar 35% terhadap peningkatan kreativitas afektif belajar mahasiswa BK Reguler B 2015 FIP Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2016/2017.