PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM DENGAN STRATEGI EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK SWASTA HKBP SIDIKALANG T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta HKBP Sidikalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Quiz Team dengan Strategi Ekspositori T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta HKBP Sidikalang yang terletak di Jl. Gereja No.1 Sidikalang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 2 yang berjumlah 43 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar dan angket motivasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa, pada siklus I terdapat 41,86% (18 dari 43 orang) menjadi 100% (43 dari 43 orang) pada siklus II dari kategori motivasi dengan skor perolehan ≥51. Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 orang (41,86%) dengan nilai rata-rata 60,47, sedangkan pada siklus I yang tuntas sebanyak 27 orang (62,79%) dengan nilai rata-rata 75,12. Meningkat pada siklus II menjadi 38 orang (88,37%) dengan nilai rata-rata 85,35 atau mengalami peningkatan sebesar 25,58%. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan ≥80% siswa memperoleh nilai ≥75. Untuk pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk=43-1 =42 pada α= 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh =8,06 dan =2,02. Sehingga > (8,06 > 2,02). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga :X>Y diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quiz Team dengan strategi Ekspositori dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar menyusun neraca lajur kelas X AK 2 SMK Swasta HKBP Sidikalang T.P 2016/2017.