Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar lempar cakram dengan menggunakan media audio visual dan modifikasi alat pada siswa kelas IX-5 SMP Negeri 1 Galang Tahun Ajaran 2016/2017.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Galang Jl. Petumbukan Galang tahun ajaran 2016/2017, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2017 dengan jumlah siswa 32 orang . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian ini adalah test hasil belajar lempar cakram yang berbentuk portofolio.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan modifikasi alat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar lempar cakram siswa kelas IX SMP Negeri 1 Galang tahun ajaran 2016/2017. Dari 32 siswa pada data awal untuk nilai (75) berjumlah 21 siswa dengan persentase 65,62%,nilai (81,25%) berjumlah 8 orang siswa dengan persentase 25% , dan nilai (87,5) berjumlah 3 orang dengan persenatse 9,37% dari 32 siswa. Hasil Dari siklus I terdapat 11 siswa (34,37%) tuntas, dan terdapat 21 siswa pada test siklus I nilai rata-rata menjadi (75,06%) tidak tuntas,pada pelaksanaan test siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai (53,1%) tuntas. Pada test siklus I meningkat menjadi (77,73%) dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai (83,39%). Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui media audio visual dan modifikasi alat meningkatkan hasil belajar lempar cakram