PENGARUH INTENSITAS MENONTON TELEVISI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI 101797 DELI TUA T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Pemasalahan dalam penelitian ini adalah intensitas menonton televise mengakibatkan rendahnya minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton televisi terhadap minat belajar siswa SD Negeri 101797 Deli Tua. Jenis penelitian yang diguanakan adalah Ex Post Facto Quantitative Correlative. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 101797 Deli Tua dengan jumlah 348 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 19 butir untuk intensitas menonton televisi dan 18 butir untuk minat belajar siswa. Kuesioner dinyatakan reliable dengan Alpha Cronbach 0,763. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, linieritas, analisis regersi linier sederhana dan untuk menguji hipotesis dengan uji T. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier sederhana pada penelitian ini yaitu, Y = 37,006 + 0,309X. Selain itu determinasi nilai R square sebesar 0,091 atau 9,1 %. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas menonton televisi terhadap minat belajar siswa SD Negeri 101797 Deli Tua.