PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN 101771 TEMBUNG T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PKn materi pokok Lembaga-Lembaga Negara di kelas IVA SDN 101771 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 38 orang, yang terdiri dari 19 orang laki-laki, dan 19 orang perempuan. Sementara objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Treffinger untuk meningkatkan motivasi belajar PKn dengan materi pokok Lembaga-Lembaga Negara.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknis pengumpulan data adalah angket motivasi siswa dan observasi terhadap motivasi belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model Treffinger dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok Lembaga-Lembaga Negara di kelas IVA SDN 101771 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017. Dari hasil angket yang diberikan kepada 38 siswa diperoleh hasil dari siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger diperoleh rata-rata kelas 42,10% dengan jumlah 2 orang siswa yang motivasi belajarnya tergolong sangat rendah dengan persentase 5,3%, siswa yang motivasi belajarnya tergolong rendah sebanyak 20 orang siswa dengan persentase 52,6%, siswa yang motivasi belajarnya tergolong sedang sebanyak 16 orang dengan persentase 42,1% dan tidak ada siswa yang motivasi belajarnya tergolong tinggi. Pada siklus II diperoleh rata-rata kelas 68,42% dengan jumlah 12 orang siswa yang motivasi belajarnya tergolong rendah dengan persentase 31,6%, siswa yang motivasi belajarnya tergolong sedang sebanyak 23 orang siswa dengan persentase 60,5%, dan sudah ada siswa yang memiliki motivasi belajarnya tergolong tinggi yaitu sebanyak 3 orang siswa dengan persentase 8%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal tersebut dapat dilihat secara klasikal pada siklus I dengan skor rata-rata 55,59% meningkat menjadi 83,99% pada siklus II. Dan juga secara individual telah mengalami peningkatan berdasarkan persentase setiap indicator motivasinya dengan skor rata-rata pada siklus I sebesar 38,59% meningkat menjadi 91,66% pada siklus II. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok Lembaga-Lembaga Negara di kelas IVA SDN 101771 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017.