Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh konseling kelompok pendekatan cognitive behavior theraphy teknik self instruction terhadap self esteem rendah Pada mahasiswa Bimbingan konseling kelas Reguler B Stambuk 2015 UNIMED Tahun Ajaran 2016/2017 ?”. penelitian ini bertujuan untuk untuk melihat pengaruh konseling kelompok pendekatan cognitive behavior theraphy teknik self instruction terhadap self esteem rendah pada mahasiswa bimbingan dan konseling kelas Reguler B 2015 UNIMED Tahun Ajaran 2016/2017 Penelitian ini dilaksanakan di universitas negerimedan di Fakultas Ilmu Pendidikan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah 7 orang mahasiswa kelas reguler B BK 2015 unimed, pengambilan sampel dilakukan mengunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket yang di sebar kemudian di analisis dengan metode menggunkan uji Wilcoxon Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 6 dengan α = 0,05 dan n = 7, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 2 Dengan demikian Jhitung > Jtabel (6 > 2 ). Artinya hipotesis diterima. Data pre-test di peroleh rata-rata 142 dan data post-test diperoleh rata-rata 193 artinya skor rata-rata mahasiswa setelah mendapatkan layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior theraphy teknik self instruction lebih tinggi. Perubahan peningkatan interval self esteem mahasiswa setelah diberikan layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior theraphy teknik self instruction sebesar 36%. Hal ini menunjukan ada pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior theraphy teknik self instruction terhadap self esteem rendah pada mahasiswa BK kelas Reguler B 2015 Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2016/2017 atau hipotesis dapat di terima