Daftar Isi:
  • Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi orang tua di Kampung Parsaoran Desa Lau Pakam Kabupaten Karo untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi anak, karena Kampung Parsaoran merupakan kampung yang terdapat di daerah terpencil. Pada penulisan ini, penulis juga ingin mengetahui persepsi orang tua mengenai pendidikan, serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan orang tua Kampung Parsaoran untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak sebagai strategi dalam mengatasi kendala yang ada di Kampung Parsaoran Desa Lau Pakam Kabupaten Karo. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penulisan ini meliputi pengelompokkan data, reduksi data, mendisplai data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa, terdapat berbagai kendala seperti: keadaan geografis dan ekonomi dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak di Kampung Parsaoran. Namun perspektif orang tua yang tinggal di Kampung Parsaoran telah memahami arti penting pendidikan, sehingga orang tua dan anak- anak sekolah melakukan berbagai upaya dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak sebagai strategi dalam mengatasi kendala yang ada di Kampung Parsaoran Desa Lau Pakam Kabupaten Karo. Kesimpulan dari hasil penulisan ini adalah persepsi orang tua yang tinggal di Kampung Parsaoran mengenai pendidikan sudah baik. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai upaya yang dilakukan oleh orang tua untuk tetap dapat memberikan pendidikan kepada anak- anaknya meskipun menghadapi berbagai kendala.