PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK PAB SAENTIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving, (2) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (4) mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM PAB Saentis. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK BM PAB dengan mengambil kelas XI sebagai sampel melalui teknik pengambilan sampel secara acak. Instrumen yang digunakan terdiri atas tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji anava dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving, (2) terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemandirian belajar. Temuan penelitian merekomendasikan model pembelajaran Problem Solving dijadikan salah satu model pembelajaran yang digunakan di sekolah untuk mencapai kompetensi kreatif, variatif dan inovatif.